Membahas Topik Seputar | Koleksi Buku | Resensi Buku | Perpustakaan Mini | Di Dalam Rumah

Pilih Buku Cetak atau E-Book?

Dalam perkembangan era digital, banyak sekali beredar electronic book (biasa dikenal dengan E-Book) bahkan ada yang diperjual belikan. Namun berdasarkan hasil beberapa lembaga survei, peminat buku versi cetak masih stabil dan kedepan akan tetap terjaga bahkan bisa meningkat.

Memang antara Buku versi Cetak dengan E-Book masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannnya tersendiri. Tergantung dari selera pembacanya saja.

Namun bagi saya pribadi masih gemar membaca buku versi cetak apalagi untuk buku yang halamannya lumayan tebal hingga 200an halaman. Membaca ebook yang jumlah halamannya banyak lewat laptop atau tablet membuat mata menjadi perih dan berair. 

Bandingkan jika kita membaca buku versi cetak, untuk buku 200an halaman jauh lebih nyaman dan tulisannya enak dipandang. 

Sekedar informasi, penjualan buku versi cetak juga masih stabil baik di Indonesia maupun di luar negeri. Bahkan saat ini penjualan buku online juga semakin gencar, melebihi penjualan ebook. 

Buku Versi Cetak

Kelebihan Membaca buku versi cetak jauh lebih mudah dan nyaman terutama untuk kesehatan mata. Hanya saja untuk dibawa-bawa memang sedikit memakan tempat, apalagi buku yang tebal dan layoutnya lumayan besar ukurannya. 

Membaca buku versi cetak sebenarnya kegemaran yang sulit sekali terlindas oleh era digital. Itu karena masih banyak para peneliti yang mendahulukan membaca buku versi cetak ketimbang jurnal online ataupun ebook. 

Membaca buku versi cetak tidak membuat kita menjadi ketergantungan dengan perangkat elektronik seperti komputer atau tablet. Hanya saja yang perlu di pertimbangkan adalah penyimpanan buku harus ektra hati-hati. 

Jika sembarangan dalam menyimpan buku semakin mudah rusak dan dimakan rayap alias kutu buku, itulah kelemahan buku versi cetak selain tidak tahan air.

Electronic Book (E-Book)

Membaca ebook melalui komputer/laptop atau tablet memang jauh lebih fleksibel dan praktis. Untuk dibawa kemana-mana sangat mudah dan tidak khawatir dimakan rayap. 

Hanya saja kekurangnanya, membuat mata menjadi perih jika terlalu lama melihat komputer atau tablet untuk membaca ebook. Untuk halaman yang tidak terlalu banyak sih bukan masalah, akan tetapi jika halaman diatas 100, sudah mulai membuat tidak nyaman. 

Belum lagi bahaya radiasi layar, lama kelamaan akan menjadikan mata terganggu. Jika dibiarkan akan mengakibatkan rabun jauh. Selain itu, kita memiliki ketergantungan dengan perangkat elektronik jika hendak membaca. Belum lagi perangkat seperti laptop juga memerlukan arus listrik untuk menghidupkannya, jadi menambah beban biaya.

Satu lagi kelemahan ebook, jika perangkat komputer terserang virus, ebook akan terinfeksi bahkan yang lebih fatal bisa terhapus. 

Kesimpulan

Bagi saya sendiri, membaca buku versi cetak jauh lebih nyaman dan menyenangkan ketimbang membaca ebook. Selain kita selalu tergantung dengan perangkat elektronik seperti laptop atau tablet, kita sulit mencerna keseluruhan isi buku. 

Jadi kesimpulannya saya memilih membaca buku versi cetak, bagaimana dengan Anda? Pilihan ada ditangan Anda!

Selamat membaca Buku!




Tag : Tentang Buku
0 Komentar untuk "Pilih Buku Cetak atau E-Book?"

Silahkan Berikan Komentar Sesuai Topik Yang Sedang Dibahas Sobar Blogger Semua:

Atas kesediaannya dalam memberikan komentar, usul, saran dan masukan saya ucapkan terima kasih!!!

Back To Top